Sengkuang


Kabupaten Kepahiang menyimpan sebuah air terjun rahasia, yang masih sangat alami. Air terjun itu disebut juga air terjun Sengkuang oleh warga sekitar.

Perjalanan untuk menjumpainya melewati perkebunan teh Kabawetan nan sejuk dan hijau, yang mana akses jalan menuju air terjun bisa lewat Desa Tugu Rejo maupun Desa Suka Sari. Perjalanan dari kedua desa hampir sama, yakni berkisar 20 menit. Jalur menuju air terjun ini sangat ekstrim saat melewatinya.

Jika tak sanggup melompati bebatuan maka, untuk melewatinya harus menapaki pinggiran kebun salada air yang basah. Suara air terjun sudah terdengar jelas dari kebun Salada. Namun, masih harus melewati semak tinggi sekitar 30 meter.

Sampai di Air Terjun, pandangan mata langsung dimanjakan dengan keindahan air terjun yang masih sangat alami. Nampak jelas, bahwa masih sedikit sekali wisatawan yang menghampiri air terjun ini, sebab bebatuannya berlumut tebal.

Air terjun rahasia ini diapit oleh jurang dan melengkung seperti bujur sangkar. Tinggi air terjun berkisar 25 meter. “Kolam dibawahnya dalam, lebih dari 1,5 meter kalau bagian tengah,”. Kejutan air terjun rahasia belum berakhir, rupanya sekitar 30 meter dari air terjun dengan ketinggian 25 meter ini, atau persisnya didekat kebun Salada terdapat pula air terjun. Hanya saja, air terjun yang satu ini tingginya hanya berkisar 17 meter .

Pesona yang ditawarkan sungguh luar biasa. Siapa menyangka di tempat yang tersembunyi, terdapat dua air terjun yang cantik dan masih perawan. Sampai di air terjun ini siapapun akan tergoda oleh kesejukan airnya.

Hawa sejuk dan menenangkan membuat ingin menghabiskan waktu berjam jam di sini. Meski perjalanan pulang menanti dengan jalur dakian yang cukup panjang, namun semua itu tak akan terasa karena keindahan air terjun telah membayar segalanya.

Pic by @intanpermata07


Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment: